Analisa dan Mitigasi Risiko Operasional PT. X Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor dengan Metode House of Risk (HOR)

Doki, Saputra and Nursyaifi, Yulius (2023) Analisa dan Mitigasi Risiko Operasional PT. X Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor dengan Metode House of Risk (HOR). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 DOKI SAPUTRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
baruuuuuuuuuuuuuuuu.pdf

Download (100kB)
[img] Text
FILE 3 DOKI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada, diperlukan penanganan yang cepat dan adanya tindakan langsung sehingga risiko yang ada tersebut tidak menyebar dan menimbulkan masalah baru nantinya Untuk dapat meminimalisir risiko yang terjadi maka perusahaan harus melakukan pengendalian terhadap risiko operasional terjadi serta menentukan tindakan mitigasi terhadap risiko yang memiliki dampak terhadap perusahaan yang nantinya dapat direkomendasikan rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini ialah timbulnya risiko operasional diantaranya mesin rusak, bencana, tidak teliti dan serangan dari luar yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat produksi, kecelakaan kerja serta kerugian terhadap perusahaan, semua hal tersebut disebabkan oleh risiko yang muncul pada saat proses operasional Pada penelitian yang dilakukan ini memiliki Mengidentifikasi kejadian risiko dan penyebab risiko operasional bisnis PT. X UBPE Pongkor, Menentukan risiko potensial yang terjadi pada operasional PT. X UBPE Pongkor, Menyusun rencana mitigasi serta perencanaan yang dilakukan untuk mengatasi risiko operasional PT X UBPE Pongkor yang dapat ataupun mungkin terjadi. Berdasarkan permasalahan yang ada, diperlukan penanganan yang cepat dan adanya tindakan langsung sehingga risiko yang ada tersebut tidak menyebar dan menimbulkan masalah baru nantinya. Metode House of Risk digunakan sebagai penyelesaian untuk masalah terkait risiko pada operasional yang meliputi risiko internal, eksternal, orang, sistem dan fisik karena metode House of Risk mampu untuk mengambarkan tahap-tahapan di dalam mengidentifikasi setiap risiko sampai kepada perencanaan tindakan pencegahan risiko pada risk event (kejadian risiko) di PT. X. diperoleh sebanyak 17 risk event dan dan risk agent (penyebab risiko) di PT. X, diperoleh sebanyak 33 risk even dari keseluruhan aktivitas operasional bisnis meliputi sumber daya manusia, teknologi, proses produksi dan eksternal untuk House of Risk Fase I menghasilkan 7 risk agent potensial sebesar 21,25% yang memberi dampak risiko sebesar 78,75%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:40
Last Modified: 06 Mar 2023 04:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

View Item View Item