EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WISATAWAN PADA OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN AEK SIJORNI DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL

wahyuni, ramadhani Nst and Dessi, Mufti (2023) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WISATAWAN PADA OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN AEK SIJORNI DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
File 1 Wahyuni Ramadhani Nst.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Wahyuni Ramadhani Nst.pdf

Download (189kB)
[img] Text
File 3 Wahyuni Ramadhani Nst.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kualitas pelayanan suatu objek wisata dapat diukur dengan memahami apa yang dirasakan wisatawan terhadap pelayanan yang diterima wisatawan dari pengelola objek wisata. Mengidentifikasi kualitas pelayanan yang diberikan oleh objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni dengan pendekatan Servqual, mengukur kualitas pelayanan antara harapan dan kenyataan pada objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni dan memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan berdasarkan Importance Performance Analysis kepada pengelola objek wisata. Metode Servqual merupakan metode untuk mengukur kepuasan wisatawan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Pada hasil perhitungan rata-rata nilai gap lima dimensi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni belum memenuhi harapan wisatawan, karena hasil dari perhitungan rata-rata nilai gap bernilai negative yaitu -0,23 maka perlu dilakukan perbaikan kualitas pelayanan. Berdasarkan diagram Importance Performance Analysis (IPA) variabel yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan adalah varibel yang termasuk dalam kuadran I, yaitu tersedia wahana seluncuran di objek wisata (V4) dengan nilai gap sebesar -0,60, tersedia tempat penitipan barang/locker (V5) dengan nilai gap sebesar -0,54, pengelola objek wisata bersikap ramah dalam memberikan pelayanan (V17) dengan nilai gap sebesar -0,56 dan tempat parkir yang memadai (V2) dengan nilai gap sebesar -0,35.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:47
Last Modified: 06 Mar 2023 04:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11431

Actions (login required)

View Item View Item