PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINUMAN BOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPELOYMENT (QFD) (STUDI KASUS DI UMKM BABIBU BOBA)

Yoga, Herlindo and Yesmizarti, Muchtiar (2023) PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINUMAN BOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPELOYMENT (QFD) (STUDI KASUS DI UMKM BABIBU BOBA). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Yoga Herlindo.pdf

Download (424kB)
[img] Text
File 2 Yoga Herlindo.pdf

Download (84kB)
[img] Text
full text Yoga Herlindo file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya usaha minuman boba yang ada pada saat ini, menuntut setiap usaha minuman boba lebih meningkatkan kualitas produknya. Untuk dapat bersaing dengan usaha minuman boba lainnya. Babibu Boba ingin melakukan perbaikan terhadap kualitas produk. Upaya perbaikan diawali dengan pengukuran kualitas produk yang bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pelanggan. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dimana yang menjadi responden adalah konsumen yang berada di wilayah GOR Haji Agus Salim. Berdasarkan kuesioner terbuka diperoleh 17 butir variabel diantaranya adalah kualitas produk sesuai dengan harga yang ditawarkan, menambah varian rasa, terdapat label nomor izin pirt/bpom di cup, tidak mengandung bahan pengawet, pengepresan produk, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, menambah inovasi pada cup seperti tulisan yang bisa menarik pelanggan, tekstur boba yang lembut., sedotan yang bersih atau hieginis., kemudahan cup untuk dibawa, menambahkan topping, rasa yang pas dimulut, tidak creamy atau kental dan tidak terlalu manis, warna minuman boba menarik, kualitas bahan baku yang bagus, tampilan produk menarik. Kemudian ke 17 variabel tersebut ada yang digabungkan karena mempunyai tujuan yang sama sehingga dirangkum menjadi 15 variabel. Setelah itu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan dengan menggunakan matrik Importance Performance Analysis (IPA), yang ternyata diketahui ada 5 variabel yang terpilih pada kuadran I, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan QFD. Dengan menggunakan House of Quality (HOQ) pada metode QFD diperoleh prioritas perbaikan kualitas produk minuman boba yang harus ditingkatkan oleh pihak Babibu Boba antara lain : inovasi gambar pada plastik pengepresan, space untuk kata-kata motivasi pada cup ,pengepresan sesuai dengan cup, jenis cup dibuat reguler, medium, larg, ada varian warna sesuai minuman, suhu mesin press sesuai dengan ketebalan plastik, kemasan bubuk minuman mempunyai tanda izin penggunaan bahan pengawet dari bpom, dikemasan ditambahkan no izin PIRT/BPOM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:21
Last Modified: 06 Mar 2023 04:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item