TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN AKIBAT PRODUK ELEKTRONIK YANG CACAT DI TOKO WISDANA MUSIK GROUP PASAR RAYA PADANG

Bella, Mustika Aprilia and Elyana, Novira (2023) TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN AKIBAT PRODUK ELEKTRONIK YANG CACAT DI TOKO WISDANA MUSIK GROUP PASAR RAYA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN) - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan konsumen adalah jaminan yang seharusnya didapatkan oleh para konsumen atas setiap produk yang dibeli dari pelaku usaha. Tidak jarang juga ditemukan kecacatan yang dapat membahayakan konsumen yang disebabkan cacat tersembunyi, memang tampak s eolah-olah memenuhi standar, akan tetapi dapat merugikan konsumen dalam penggunaannya yang tidak memenuhi tujuan awal produk tersebut, dan berakibatkan berkurangnya manfaat barang. Pertanggungjawaban merupakan bagian dari kewajiban yang mengikat kegiatan seseorang dalam berusaha. Konsumen merasa dirugikan karena produk yang cacat, karena hak konsumen adalah untuk dilayani secara adil dan jujur. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan perjanjian pembelian elektronik di toko Wisdana Musik Group Pasar Raya Padang?. 2)Bagaimanakah bentuk pertanggungjawab pelaku usaha terhadap produk elektronik yang cacat? Penelitian ini mengunakan jenis yuridis sosiologis. Sumber data yang di gunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa menggunakan kualititatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaku usaha menerapkan penjualan secara konvesional dan penjualan secara online, dalam melakukan jual beli pelaku usaha dan konsumen membuat perjanjian terlebih dahulu. 2) Pertanggungjawaban pelaku usaha secara penjualan konvesional dengan cara di service dan ganti barang baru, pertanggungjawaban penjualan secara online dengan cara mengganti uang konsumen, apabila kesalahan oleh pihak marketplace maka ia yang akan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:18
Last Modified: 07 Mar 2023 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item