ANALISIS YURIDIS PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENJAMIN HAK KONSUMEN KEUANGAN TERHADAP KERUGIAN PEMBOBOLAN BANK

Yuni, Safitri and Adri, Adri (2023) ANALISIS YURIDIS PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENJAMIN HAK KONSUMEN KEUANGAN TERHADAP KERUGIAN PEMBOBOLAN BANK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (613kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nasabah adalah orang yang memperoleh fasilitas kredit bank atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah atau yang dipersamakan dengan itu berdasarkan perjanjian kredit bank dengan nasabah yang bersangkutan nasabaha yang menempatkan dana mereka di bank dalam bentuk simpanan berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah analisis yuridis pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam menjamin hak konsumen keuangan terhadap kerugian pembobolan bank? 2) Bagaimanakah analisis yuridis ganti rugi terhadap nasabah yang mengalami kerugian atas pembobolan bank?. Jenis penelitian adalah yuridis normatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data ialah studi dokumentasi. Analisis data adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan: 1) Terkait analisis yuridis pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam menjamin hak konsumen keuangan terhadap kerugian pembobolan bank pada dasarnya sudah diatur didalam Peratutan Otoritas Jsa Keuangan dan masih banyak aturan turunan maupun aturan yang berlaku di Indonesia yang mengatur mengenai perlindungan konsumen atau nasabah bank yang terkena kasus pembobolan rekening bank. 2) Terkait analisis yuridis ganti rugi terhadap nasabah yang mengalami kerugian atas pembobolan bank yaitu bahwasanya bank tetap akan mau bertanggungjawab atas proses penggantian rugi selagi bukti-bukti kerugian atau pembobolan rekening nasabah dapat dibuktikan dengan pembuktian yang akan dilakukan oleh pihak banker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:13
Last Modified: 07 Mar 2023 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item