PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN SEBAGAI KONSUMEN DALAM PRAKTIK PERAWATAN KECANTIKAN DI KLINIK KECANTIKAN VYRMA KABUPATEN SOLOK SELATAN

Syafira, Rahma Dani and Yofiza, Media (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN SEBAGAI KONSUMEN DALAM PRAKTIK PERAWATAN KECANTIKAN DI KLINIK KECANTIKAN VYRMA KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Dalam praktik klinik kecantikan seorang dokter melakukan kegagalan terhadap praktiknya yang menyebabkan konsumen sebagai pasien mengalami kerusakan pada wajah atau kulitnya, kegagalan dokter klinik tersebut menyebabkan pasien sebagai konsumen mengalami masalah pada wajahnya seperti. Atas perlakuan oleh dokter tersebut pasien sebagai konsumen dapat menuntut hak-haknya jika mengalami kerugian oleh klinik kecantikan tersebut untuk mendapatkan perlindungan. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah bentuk perlindungan hukum bagi pasien sebagai konsumen dalam praktik perawatan kecantikan di Klinik Kecantikan Vyrma Kabupaten Solok Selatan? 2) Bagaimanakah bentuk pertanggungjawaban di Klinik Kecantikan Vyrma Kabupaten Solok Selatan bagi pasien sebagai konsumen yang dirugikan jika mengalami kerusakan pada kulit wajah setelah perawatan? Jenis Penelitian ini yuridis sosiologis, sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Tindakan dari dokter tersebut jika terjadi kerugian terdahap pasien, pasien akan mendapatkan perlindungan hukum berupa perawatan secara berkala atau rutin ataupun produk untuk membantu proses pemulihan dari Klinik Vyrma Kabupaten Solok Selatan. 2) Pertanggungjawaban Klinik Vyrma Kabupaten Solok Selatan jika terjadi kerugian terhadap pasien pihak klinik akan bertanggungjawab atas kerugian yang dialami oleh pasien tersebut. Bentuk pertanggungjawabannya berupa pemberian perawatan secara gratis sesuai ketentuan yang diberikan oleh pihak klinik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:12
Last Modified: 07 Mar 2023 03:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item