Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming pada Pembelajaran Matematika SMA Negeri 5 Kota Payakumbuh.

Emly, Yasril and Niniwati, Niniwati and Yusri, Wahyuni (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming pada Pembelajaran Matematika SMA Negeri 5 Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
3 Emly Yasril 1410013211013 Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu faktornya adalah partisipasi siswa dalam belajar. Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Payakumbuh disebabkan karena kurangnya berpartisipasi siswa dalam memberikan tanggapan dan pendapat. Sehingga ide-ide dan pendapat siswa menjadi kurang tergali. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan metode Brainstorming lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Payakumbuh. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode Brainstroming sama baiknya dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari empat kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data hasil tes akhir siswa yang memuat metode Brainstorming dan metode konvensional pada kedua kelas sampel beridistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji kedua kelas sampel tersebut maka ditentukan dengan uji hipotesis. Uji hipotesis hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan perhitungan uji hipotesis rata-rata dengan taraf � = 0,05. diperoleh ��� �� = 0,9920 dan �(0,95;58) = 1,688, maka ��� �� < �(�,��;��). UNIVERSITAS BUNG HATTA ii Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran Brainstorming sama baiknya dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penulis menyarankan guru jika akan menerapkan metode ini sebaiknya dapat melaksanakan dengan pembelajaran dan persiapan yang matang agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:19
Last Modified: 27 May 2021 06:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item