Implikatur pada Percakapan Penjual dan Pembeli di Pasar Raya Padang: Suatu Tinjauan Pragmatik

MAYDOLINA, SP and Syofiani, Syofiani and Yetty, Morelent (2020) Implikatur pada Percakapan Penjual dan Pembeli di Pasar Raya Padang: Suatu Tinjauan Pragmatik. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
23 MAYDOLINA SP (1510013111025) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implikatur pada percakapan penjual dan pembeli di Pasar Raya Padang. Teori yang digunakan adalah tentang bentuk-bentuk implikatur percakapan yang dikemukakan oleh Ida Bagus Putrayasa (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metodedeskriptifyang dikemukakan oleh Moleong (2012). Sumber data dalam penelitian ini adalah penjual bahan masakan dan pembeli yang berinteraksi di Pasar Raya Padang.Data dianalisis dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut (1) mengklasifikasikan data yang telah diidentifikasi berdasarkan bentuk implikatur percakapan, (2) mendeskripsikan data yang berhubungan dengan bentuk implikatur percakapan, (3) menginterpretasikan data yang sudah dideskripsikan, dan (4) menyimpulkan hasil analisis data secara keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk implikatur percakapan yang digunakan oleh penjual dan pembeli meliputi implikatur percakapan menyetujui yang disebabkan oleh situasi dan kondisi pembeli yang membutuhkan barang tersebut, bentuk implikatur percakapan menolak yang disebabkan oleh situasi dan kondisi barang yang melonjak tinggi dari harga biasanya dan pembelian meningkat, dan bentuk implikatur percakapan meminta atau menawar yang disebabkan oleh situasi dan kondisi harga yang ditawarkan penjual tinggi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa antara penjual dan pembeli menggunakan implikatur yang maksudnya untuk menyampaikan keinginan yang tersembunyi, tetapi tidak diujarkan secara langsung saat melakukan transaksi jual beli. Hal ini disebabkan oleh beberapafaktor yaitu faktor bahasa, faktor situasi, dan faktor kondisi yang di mana termasuk ke dalam konteks. Dari semua bentuk implikatur percakapan yang ditemukan, yang paling dominan adalah bentuk implikatur menyetujui dan yang paling minim ditemukan adalah implikatur percakapan meminta atau menawar. Maka, situasi dan kondisi antara penjual dan pembeli mempengaruhi lebih banyaknya bentuk implikatur menyetujui saat berlangsungnya interaksi jual beli. Kata kunci: Implikatur, menyetujui, menolak, dan meminta atau menawar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:52
Last Modified: 28 Sep 2020 01:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item