PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 07 GURUN LAWEH KEC. NANGGALO KOTA PADANG

Yulistiani, Indah and rieke, alyusfitri (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 07 GURUN LAWEH KEC. NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover indah.pdf

Download (69kB)
[img] Text
hlmn pngesahan indah.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR ISI indh.pdf

Download (52kB)
[img] Text
abstrk indh.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I indh.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V indh.pdf

Download (179kB)
[img] Text
SKRIPSI Indah Yulistiani FIX (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 07 GURUN LAWEH KEC. NANGGALO KOTA PADANG Indah Yulistiani1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : indahyulistianii@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 07 Gurun Laweh Kec. Nanggalo Kota Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III melalui model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 07 Gurun Laweh yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata – rata 64,06 % dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,93 %. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata 71,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata – rata 78,5 dengan persentase ketuntasan 45%, dan pada siklus II diperoleh rata – rata 88,5 dengan persentase ketuntasan 90%. Dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD), agar kedepannya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:38
Last Modified: 07 Mar 2023 08:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item View Item