PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 12 PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG

Geby, Ananda W. and M., Tamrin (2023) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 12 PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I. COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ASBTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
II. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
III. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
IV. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN 12 Padang sibusuk Kabupaten Sijunjung masih rendah.Berdasarkan hasil tes Penilaian Harian (PH) 1 hanya 13 orang siswa yang mampu menguasai materi pada pembelajaran PKn (50%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada ranah koognitif aspek pengetahuan (C1) dan Pemahaman (C2). Pada ranah Afektif aspek tanggung jawab (A4) dan kerja sama (A2) di dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model Mind Mapping di SDN 12 Padang Sibusuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Padang Sibusuk, yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar ranah afektif, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran, tes hasil belajar ranah kognitif siswa, catatan lapanga dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I 80,69% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,23%. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 73,08 % meningkat pada siklus II 100%. Berdasarkan hasil lembar observasi hasil belajar ranah afektif pada siklus I 70,43 % meningkat pada siklus II 87,98 %. Hal ini berarti pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 12 Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Mar 2023 09:00
Last Modified: 07 Mar 2023 09:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item