Stevani, Stevani and Rona Taula Sari, S. Si, M. Pd, Rona Taula Sari, S. Si, M. Pd (2023) Analisis Pelaksanaan Kurikulum 13 Nuansa Merdeka pada Siswa Kelas X MIPA SMAN I Payakumbuh Mata Pelajaran Biologi. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN atau PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
Text
STEVANI_19-013_PBIO_SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka di SMAN 1 Payakumbuh masih menggunaan kurikulum 2013, namun dengan prinsip merdeka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, pemahaman dan kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka, serta hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebesar 286 siswa kelas X MIPA yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel 166 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka, sedangkan kesiapan siswa berada pada kategori tidak baik dan cukup berdasarkan derajat pencapaian pada masing-masing variabel. Pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa berdasarkan nilai uji t yang diperoleh. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka di SMAN 1 Payakumbuh. Kata kunci: Kurikulum 13, Nuansa merdeka, hasil belajar biologi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PBIO FKIP |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 03:15 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 03:15 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11726 |
Actions (login required)
View Item |