PENERAPAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

Fernandes, Dalimunte and Syafni, Gustina Sari (2023) PENERAPAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN FERNANDES DALIMUNTE (1910013411268).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA FERNANDES DALIMUNTE (1910013411268).docx

Download (18kB)
[img] Text
3. FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan pembelajaran yang dilakukan selama ini belum sepenuhnya dikaitkan dengan aktivitas yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, dan belum tersedianya modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di kelas V SDN 04 Timpeh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 04 Timpeh. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan pengamatan aktivitas guru pada siklus I Pertemuan I diperoleh persentase 67% dan pada pertemuan II diperoleh persentase 78%, sedangkan pada siklus II pertemuan I diperolah persentase 83% dan pada pertemuan II diperoleh persentase 88%. Tes hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata kelas 52,81% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai rata-rata kelas 76,56%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 04 Timpeh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:34
Last Modified: 08 Mar 2023 03:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item