Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 7 Padang

Hafizatul, Ardy and Susi, Herawati and Niniwati, Niniwati (2020) Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 Abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
14 Hafizatul Ardy 1410013211069 Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tuntunan era globalisasi saat ini mengisyaratkan agar peserta didik dalam proses pembelajaran tidak hanya menerima dan meniru apa yang diberikan guru, tetapi harus secara aktif berbuat atas dasar kemampuan dan keyakinan sendiri. Hal ini menuntut tenaga pendidik untuk lebih kreatif dalam memberikan dan menyusun media pembelajaran diantaranya bahan ajar. Masih rendahnya perhatian dan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran matematika, disebabkan media yang digunakan hanya buku paket Matematika kelas VIII kurikulum 13, karena itu pembelajaran masih terpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis konstruktivisme pada materi Lingkaran kelas VIII SMPN 7 Padang. LKPD matematika ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk pemahaman konsep dalam materi, serta sebagai fasilitator yang aktif. LKPD matematika ini, dikembangkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. LKPD tersusun dari materi yang berupa ilustrasi dan gambar, tugas kelompok, serta soal latihan, bersumber dari bahan ajar yang relevan kemudian dicetak berbentuk buku ukuran buku tulis biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika berbasis konstrukstivisme yang valid, praktis, dan efektif pada materi Lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development. LKPD matematika berbasis konstruktivisme ini dikembangkan dengan model four-door (4-D). Pengembangan ini dilakukan 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Dengan hasil analisis angket uji validitas, diperoleh kesimpulan bahwa LKPD matematika berbasis konstruktivisme ini sangat valid, sebesar 83,33%, sangat praktis, yakni sebesar 89,46% serta dinyatakan efektif dengan ketuntasan klasikal 80%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis konstruktivisme pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 7 Padang ini valid, praktis, dan efektif digunakan untuk media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD bisa digunakan sebagai media alternative oleh tenaga pendidik. Kata Kunci: LKPD Matematika, Konstruktivisme, Lingkaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:41
Last Modified: 27 May 2021 04:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item