Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman

Putri, Meliya and Niniwati, Niniwati and Yusri, Wahyuni (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 Abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 BAB I.pdf

Download (948kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
16 Putri Meliya 1410013211017 Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman rata-rata masih dalam predikat rendah adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Partisipasi siswa dalam memperhatikan,mencatat,bertanya dan menjawab soal yang lebih bervariasi masih kurang.Untuk mengatasi hal tersebu tsala hsatu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Guide NoteTaking. Tujuan penelitian iniadalah membuktikan metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh metode Guide Note Taking terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019yangterdiridaritujuhkelas.Sampeldiambilsetelahdilakukan ujinormalitas,ujihomogenitaspopulasidan ujikesamaan rata-rata. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas yang diambil berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika kelas IX yang mempunyai kesamaan rata-rata,dan kelas yang terpilih adalah siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimendan siswa kelas IX.3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran Guide Note Taking pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol.Variabel terikat dalam penelitian iniadalah pemahaman konsep matematika siswa setelah perlakuan diberikan. Data hasil tes akhir siswa yang memuat indikator pemahaman konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumust.Ujihipótesi shasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkanan alisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,1939 sedangkan t tabel=1,6702 karena t hitung>t tabel maka hipotesi sH0 ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1. Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman. Penulis menyarankan agarguru atau pembaca dapatmenggunakan metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 07:00
Last Modified: 27 May 2021 04:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item