Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Melalui Penggunaan Metode Poster Comment Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 53 Kuranji Padang

Bismi, Afief and Yulfia, Nora (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Melalui Penggunaan Metode Poster Comment Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 53 Kuranji Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
FULLTEKS BISMI AFIEF 1910013411165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas VB di SDN 53 Kuranji Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab di dalam kelas, sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran PKn. Dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Poster Comment dalam aspek kognitif (pengetahuan dan pemahaman) dan aspek afektif (mengemukakan pendapat). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 53 Kuranji Kota Padang yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar penilaian afektif, dan lembar tes akhir siklus. Setelah anakisis data ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 39% dan meningkat pada siklus II sebesar 91% dengan rata-rata 76,3. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase 47,82% siswa yang tuntas dan meningkat pada siklus II sebesar 86,95% dengan rata-rata 70,37. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode poster comment dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa di SDN 53 Kuranji Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:45
Last Modified: 08 Mar 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item