Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang

Sity, Syarifah Ramadhani and Yusri, Wahyuni and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 Cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
18 Sity Syarifah Ramadhani 1410013211053 Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga guru lebih mendominasi proses pembelajaran. Siswa belum dihadapkan dengan suatu masalah yang nyata sebagai dasar memahami hal yang abstrak. Sehingga masih banyak siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada ujian semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata telah terpenuhi maka kelas yang dipilih adalah VIII.H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf � = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh ��� �� = 4,1046 dan �(0,95;55) = 1,6875. Karena �(�,��;��) < ��� �� sehingga menolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif, dan dapat menjadikan hasil belajar siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:09
Last Modified: 27 May 2021 03:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item