Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang

Syukur, Hari Yondra Putra and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
19 Syukur Hari Yondra Putra 1310013211015 Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kesulitan memahami materi, guru mendominasi kegiatan pembelajaran, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar matematika siswa masih banyak yang kurang dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Random Sampling, yang terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Pengujian hipotesis terhadap data primer yang berupa hasil tes akhir dilakukan dengan menggunakan uji t-test pada taraf . Setelah dilakukan perhitungan diperoleh dan yang berarti . Dengan demikian hipotesis ditolak sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru menerapakan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran matematika diantaranya strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:14
Last Modified: 27 May 2021 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item