Arnaldo, Masni Lova and Fauziah, Fauziah and Puspa, Amelia (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 Cover.pdf Download (64kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 Abstrak.pdf Download (85kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
20 Arnaldo Masni Lova 1410013211060 Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendiskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Apa faktor-faktor penyebab siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode metode penelitian kualitatif. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 17 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca (R) sebanyak 88,24%, kesalahan memahami (C) sebanyak 64,71%, kesalahan transformasi (T) sebanyak 82,36%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 94,12%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokan menjadi dua kendala yaitu: l) permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2) masalah dalam pengolahan matematika. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya guru lebih mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami dan diingat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 08:18 |
Last Modified: | 27 May 2021 03:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1195 |
Actions (login required)
View Item |