PENGARUH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMAN 5 PADANG

siska nayusari, putri and Pebriyenni, Pebriyenni and MUSLIM, MUSLIM (2023) PENGARUH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMAN 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UPLOAD 1 SISKA NAYUSARI PUTRI.pdf

Download (837kB)
[img] Text
UPLOAD 2 SISKA NAYUSARI PUTRI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Skripsi Full Siska Nayusari putri (ACC).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMAN 5 PADANG Siska Nayusari Putri, Pebriyenni1 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: siskanayusariputri@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Pancasila Terhadap Peningkatan Sikap Nasionalisme Siswa di SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar dua variabel atau beberapa variabel. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 360 dan sampel 190 siswa untuk mengambil jumlah sempel pada setiap kelas menggunakan rumus proportional random sampling yang didapatkan dari 10 kelas. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner dengan 33 butir pertanyaan yang terdiri dari elemen: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan 7 indikator sikap nasionalisme yang masing-masing memiliki 3 pertanyaan. Teknik analisis data untuk menguji berapa besar hubungan antar variabel dan menguji hipotesis yang sudah ditetapkan. Hasil uji koefesien korelasi (r) besaran nilai pearson correlation dapat dikelompokkan sesuai elemen Pendidikan Pancasila dan indikator sikap nasionalisme yaitu: Pancasila dengan bangga sebagai bangsa indonesia 0,41, mengutamkan kepentingan umum 0,44. UUD 1945 dengan cinta tanah air 0,55, rela berkorban demi bangsa 0,56. Bhinneka Tunggal Ika dengan menerima kemajemukan 0,45, bangga pada budaya yang beraneka ragam 0,42 dan NKRI dengan mengharga jasa para pahlawan 0,55. Jadi, hubungan antar variabel Pendidikan Pancasila dan sikap nasionalisme dapat dikategorikan sangat kuat karena nilai pearson correlation sebesar 0,84>0,14. Dari hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 2.69 dan signifikan 0,01<0,05 t tabel pada taraf alpha 0,05 maka t tabel adalah 1.65. Hal ini berarti bahwa 2.69 >1.65 (t hitung > t tabel). Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima ini menujukan terdapat pengaruh Pendidikan Pancasila terhadap peningkatan sikap nasionalisme siswa. Kata Kunci: Pendidikan Pancasila: Elemen Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI: Sikap Nasionalisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:30
Last Modified: 09 Mar 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11960

Actions (login required)

View Item View Item