PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 KOTO PANJANG KOTA PADANG

Aulinia, Irwani and Susi, Herawati (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 KOTO PANJANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa, dimana 18 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 75 % dan 80% dengan rata-rata 77,5 %. Sedangkan pada siklus II diperoleh 85 % dan 90 % dengan rata-rata 87,5 %. Berdasarkan ketuntasan belajar pada siklus I adalah 39,29% dengan nilai rata-rata 70 meningkat pada siklus II menjadi 57,14% dengan nilai rata-rata 83. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kota Padang dapat ditingkatkan dengan model problem based learning. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model problem based learning dengan memperhatikan tahap-tahap dan waktu pelaksanaannya agar dapat berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:44
Last Modified: 08 Mar 2023 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item