PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CASE METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PADANG

silvi, angraini and Pebriyenni, Pebriyenni and MUSLIM, MUSLIM (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CASE METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UPLOAD 1 SILVI.pdf

Download (836kB)
[img] Text
UPLOAD 2 SILVI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
SKRIPSI SILVI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CASE METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 PADANG Silvi Anggraini1, Pebriyenni1 1Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: silvianggraini257@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Case Method terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 10 kelas (360 orang siswa). Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu kelas X.E5 dan X.E10. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 orang siswa. Kelas X.E5 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Case Method, dan X.E10 merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 62,16% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 50,81% pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 13,96 dan nilai ttabel sebesar 1,94 pada taraf nyata signifikan 0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana terdapat pengaruh penggunaan model Case Method terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 2 Padang. Kata Kunci: Case Method, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:29
Last Modified: 09 Mar 2023 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item