UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS VI A SD NEGERI 09 BANDAR BUAT KOTA PADANG

Frizalya, Elsy and Amrina, Zulfa (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS VI A SD NEGERI 09 BANDAR BUAT KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HAL PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (822kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI ELSY FRIZALYA 19-016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Learning Cycle pada materi bangun ruang agar dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VI A SD Negeri 09 Bandar Buat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A SD Negeri 09 Bandar Buat tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dengan menggunakan tujuh tahap pembelajaran, yang terdiri dari: elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend pada materi bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI A SD Negeri 09 Bandar Buat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I mencapai 74,71% kemudian pada siklus II persentasenya mencapai 86,47%. Pada siklus I kemampuan berfikir kritis yang dicapai siswa yaitu 44,44% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,19%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk memahami secara teoritis dan praktik model pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 09:01
Last Modified: 08 Mar 2023 09:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item