UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS IV SDN 04 PADANG GANTING

Ratna, Fitri and Sari, Syafni (2023) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS IV SDN 04 PADANG GANTING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
SEKRIPSI ana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada saat pembelajaran matematika dan model yang digunakan guru pada saat pembelajaran kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model Teams Games Tournaments (TGT) di kelas IV SDN 04 Padang Ganting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 04 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini yaitu lembar angket minat siswa dan lembar observasi aspek guru. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana pada siklus 1 dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus 2 dilakukan 2 kali pertemuan, pada setiap siklus dilakukan penyebaran angket. Hasil penelitian ini melihat hasil minat belajar siswa pada siklus 1 dengan persentase 66% sedangkan pada siklus 2 yaitu dengan persentase 78,4%. Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 dengan persentase 70,58% sedangkan pada siklus 2 dengan persentase 94,11%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:20
Last Modified: 09 Mar 2023 03:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item