PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 07 GURUN LAWEH

Febi, Mulyani and rieke, alyusfitri (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 07 GURUN LAWEH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 07 GURUN LAWEH Febi Mulyani¹, Rieke Alyusfitri¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : febimulyani47@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 07 Gurun Laweh dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 07 Gurun Laweh yang berjumlah 19 siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktifitas guru dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 66,67% termasuk kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 83,33% termasuk kategori sangat baik. sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata – rata 75,05 dengan persentase ketuntasan 57,89% dan pada siklus II diperoleh rata – rata 80,63 dengan persentase ketuntasan 84,21%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode Team Games Tournament (TGT), agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Team Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:57
Last Modified: 09 Mar 2023 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item