UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 09 LEMBAH MELINTANG KAB. PASAMAN BARAT

Arifa, Mustika and Yuza, Arlina (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 09 LEMBAH MELINTANG KAB. PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bagian 1 skripsi.pdf

Download (761kB)
[img] Text
PENDAHULUAN SKRIPSI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
bagian penutup 3 skripsi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI SETELAH KOMPRE RIFA BISMILLAH ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam belajar matematika kelas III SD Negeri 09 Lembah Melintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas III SDN 09 Lembah Melintang, dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 09 Lembah Melintang yang berjumlah sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan Kemampuan Berfikir Peserta Didik Kelas III SDN 09 Lembah Melintang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Persentase Kemampuan Berfikir Kritis pada Siklus I sebesar 53,12% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas III di SDN 09 Lembah Melintang. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada proses pebelajaran matematika sehingga kemampuan berfikir kritis peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:33
Last Modified: 09 Mar 2023 06:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12027

Actions (login required)

View Item View Item