PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PAPAN WAWANCARA SISWA KELAS IV SDN 02 KAMPUNG OLO PADANG

Rahayu, Febry and Azkiya, Hidayati (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PAPAN WAWANCARA SISWA KELAS IV SDN 02 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(I) Cover, Halaman Pengesahan, dll.pdf

Download (709kB)
[img] Text
(II) BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
(III) SKRIPSI FEBRY RAHAYU (19-006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan tidak bervariasinya guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi wawancara menggunakan model Student Teams Achiement Division (STAD) dengan media papan wawancara kelas IV SDN 02 Kampung Olo Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran STAD yang dikemukakan oleh Astuti (2018:215) dan Wahyuningtyas dan Sulasmoni (2020:24) untuk media pembelajaran, serta pendapat Arikonto (2010) untuk menganalisis data. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60% dengan rata-rata nilai hasil belajar 68,8 dan dan siklus II sebesar 92% dengan rata-rata nilai hasil belajar 82,8 atau mengalami peningkatan persentase ketuntasa hasil belajarsebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Student Teams Achiement Division (STAD) dan media papan wawancara dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kampung Olo Padang. Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, model Student Teams Achiement Division (STAD), media papan wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:40
Last Modified: 09 Mar 2023 07:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item