PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Adisni, Rahma Pramesti and Alyusfitri, Rieke (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 1 RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V RAHMA PRAMESTI ADISNI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
RAHMA PRAMESTI ADISNI GABUNGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas I pada pembelajaran matematika di SDN 08 Surau Gadang Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Picture and Picture di kelas I SDN 08 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas I SDN 08 Surau Gadang Padang yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar dengan menerapkan model Picture and Picture menunjukkan hasil yang lebih baik. Terbukti dari rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yakni 68 meningkat menjadi 81. Hasil belajar ditunjukkan oleh tes akhir dalam penelitian ini, terlihat bahwa pada siklus I persentase nilai 61% sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 08 Surau Gadang Padang. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran matematika, guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:00
Last Modified: 09 Mar 2023 09:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item