PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 ALAI PADANG SKRIPSI Ditulis untuk Memenuhi Sebahagian peryaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) OLEH: SHINTA SYAFITRI NPM. 1910013411176 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG 2023

Shinta, Syafitri and Enjoni, Enjoni (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 ALAI PADANG SKRIPSI Ditulis untuk Memenuhi Sebahagian peryaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) OLEH: SHINTA SYAFITRI NPM. 1910013411176 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG 2023. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DLL.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Full teks SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 03 Alai Padang pada aspek kognitif. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPA yang ditetapkan oleh SD Negeri 03 Alai Padang adalah 80 dan disekolah menerapkan kurikulum 2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Alai Padang. Data yang yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen sebesar 87 dan pada kelas control yaitu 35. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan thitung 5,359 > 2,004 ttabel pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat penarapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Alai Padang. Penulis memberikan saran agar dapat menggunakan model pembelajaran jigsaw pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif jigsaw dan kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:15
Last Modified: 09 Mar 2023 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item