PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VA DENGAN MENGGUNKAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN 13 SURAU GADANG PADANG

IRHAMI, PUTRI and YULFIA, NORA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VA DENGAN MENGGUNKAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
File 2 (1).pdf

Download (27kB)
[img] Text
File 1 (2).pdf

Download (852kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VA dengan menggunakan metode bermain peran di SDN 13 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VA SDN 13 Surau Gadang Padang pada tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa seluruhnya 20 orang. Fokus penelitian ini pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode pembelajaran bermain peran (role playing) dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran IPS siswa kelas VA pada Aspek Kognitif tingkat kemampuan pengetahuan dan pemahaman melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran di SDN 13 Surau Gadang Padang. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 72% meningkat pada siklus II sebesar 79%. Peningkatan Hasil belajar IPS siswa kelas VA pada Aspek Afektif tingkat (kemampuan kerjasama) melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran di SDN 13 Surau Gadang Padang pada siklus I yaitu 55% meningkat pada siklus II sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelass VA dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain peran di SDN 13 Surau Gadang Padang. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:18
Last Modified: 09 Mar 2023 09:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item