PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 154/III SUNGAI RENAH

Olla, Ulfatari and Syafni, Gustina Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 154/III SUNGAI RENAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1.COVER, HALAMAN PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text
SKRIPSI OLLA ULFATARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih terpusat oleh guru. Guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran saat proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai masih adanya siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 154/III Sungai Renah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Pottest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SD Negeri 154/III Sungai Renah, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Pe nelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir kelas eksperimen yaitu 82,65 sedangkan kelas kontrol yaitu 64,8. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t_hitung yaitu 3,541 dan t_tabel yaitu 1,688 pada taraf nyata α = 0,05. Sehingga didapat t_(hitung>) t_(tabel )berarti H_1 diterima dan H_0 ditolak. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 154/III Sungai Renah. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match memberikan pengaruh yang positif dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 154/III Sungai Renah. Melihat hasil penelitian ini, maka model pembelajaran Make A Match perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:21
Last Modified: 10 Mar 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12165

Actions (login required)

View Item View Item