PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN 42/III SUNGAI LEBUH KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI

Fenti, Anggraini and Romi, Isnanda (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN 42/III SUNGAI LEBUH KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa di kelas IV SDN 42/III Sungai Lebuh, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model picture and picture di kelas IV SDN 42/III Sungai Lebuh Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 42/III Sungai Lebuh, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar penilaian keterampilan menulis siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 80 dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 93. Rata-rata observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 56 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I persentasenya 50% dengan rata-rata hasil belajar 67, meningkat menjadi 79% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 78. Hal ini berarti pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 42/III Sungai Lebuh, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:45
Last Modified: 10 Mar 2023 02:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12173

Actions (login required)

View Item View Item