PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA

Widya Eka, Pitri and Rona Taula, Sari (2023) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, angkat motivasi dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata analisis motivasi siswa pada siklus I adalah 64,3%, sementara rata-rata aktivitas siswa di siklus II adalah 76,7%. Dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Di mana rata-rata hasil ulangan akhir disiklus I adalah 70,71 sementara rata-rata ulangan diakhir siklus II adalah 85,71 Dapat disimpulkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kota Pada Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disampaikan saran Guru dapat menerapkan media video dalam pembelajaran yang lain upaya meningkatkan mutu kualitas pendidikan khususnya pembelajaran IPA.Guru dapat menerapkan media lain selain penerapan media video yang bervariasi sesuai dengan materi yang di ajarkan. Disarankan kepada pihak lain atau peneliti yang lain yang ingin melakukan penelitian yang sama pada materi yang lain atau mata pelajaran yang lain agar menjadikan bahan perbandingan dengan hasil penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:13
Last Modified: 10 Mar 2023 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12187

Actions (login required)

View Item View Item