Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Penerapan Model CIRC (Coopertaive Integrated Reading and Composition) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Sisi, Nilasari and Wirnita E, eska (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Penerapan Model CIRC (Coopertaive Integrated Reading and Composition) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,hal. pengesahan, hal. persetujuan, abstrak, daftar isi, pendahuluan. sisi nilasari 19-238.pdf

Download (478kB)
[img] Text
kesimpulan, saran, daftar pustaka. sisi nilasari pgsd 19-238.pdf

Download (301kB)
[img] Text
full teks sisi nilasari pgsd 19-238.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang disebabkan pada saat proses pembelajaran berlangsung guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang mempehatikan guru akibatnya siswa kurang memahami isi bacaan yang sudah dibacanya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa dalam materi menentukan Ide Pokok dalam bacaan dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterampilan membaca pemahaman dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dikemukakan oleh Istarani (2012). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 22 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas penilaian guru, lembar aktivitas penilaian siswa, dan lembar tes keterampilan membaca pemahaman siswa. Hasil dari Penilaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 61,11%, pada siklus II sebesar 88,89% mengalami peningkatan sebanyak 22,22%. Penilaian aktivitas siswa siklus I sebesar 61,11% dan pada siklus II sebesar 88,89% mengalami peningkatan sebanyak 27,78%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 63,64% dengan rata-rata hasil belajar 72,27 dan meningkat pada siklus II sebesar 90,91% dengan rata-rata nilai hasil belajar 89,09 mengalami kenaikan sebanyak 27,31%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca pemahaman menggunakan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, model CIRC, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:19
Last Modified: 10 Mar 2023 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item View Item