Aulia, Melati and rieke, alyusfitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (441kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (52kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (155kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Melati Aulia1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: melatiaulia990@gmaill.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami konsep pembelajaran matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN 32 Gurun Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 32 Gurun Panjang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 32 Gurun Panjang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 38 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu secara acak. Setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata maka didapatkan kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, tes yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda. Hasil penelitian pada hasil belajar matematika siswa menunjukan rata-rata hasil belajar siswa kelas IIA sebagai kelas eksperimen yaitu 73,25 dan pada kelas IIB sebagai kelas kontrol yaitu 64,44. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang menunjukan bahwa thitung>ttabel, dengan thitung sebesar 1,751 dan ttabel sebesar 1,688 pada taraf nyata signifikan 0,05. Ini artinya hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas II SDN 32 Gurun Panjang. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaraan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:16 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12202 |
Actions (login required)
View Item |