Pengembangan Modul Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas III SDN 04 Kampung Olo

Wardani, Indah and Yuza, Arlina (2023) Pengembangan Modul Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas III SDN 04 Kampung Olo. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ii. KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK SISWA KELAS III SD N 04 KAMPUNG OLO Indah Wardani1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : indahbasyir@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah untuk siswa kelas III SD N 04 Kampung Olo yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada define, design dan develop (3D) .Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 84,42% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase validitas 95,83% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh persentase validitas 87,5% dengan kriteria valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah memenuhi kriteri valid dengan persentase 89,23%. Uji praktikalitas dilakukan kepada 1 orang guru kelas dan 24 orang siswa. Berdasarkan uji praktikalitas guru diperoleh hasil persentase yakni 98,32% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa dengan persentase 88,45% dengan kriteria praktis. Dilihat dari rata-rata praktikalitas modul pembelajaran matematika memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 93,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci : modul, operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah, realistic mathematics education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:36
Last Modified: 10 Mar 2023 03:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item