Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Learning Cycle 5e Pada Materi Membaca Karangan Teks Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negri 03 Alai Padang.

Triyanti, Triyanti and MARSIS, MARSIS (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Learning Cycle 5e Pada Materi Membaca Karangan Teks Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negri 03 Alai Padang. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text (File 2)
file repository 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (File 2)
file repository 2.pdf

Download (422kB)
[img] Text (File 3)
file repository 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI MEMBACA KARANGAN NARASI SEJARAH SISWA KELAS V SD NEGERI 03 ALAI PADANG Triyanti1, Marsis 1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : triyaaanti@icloud.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Penggunaan Buku Paket dalam memberikan bahan bacaan pada materi membaca karangan narasi yang belum optimal, sehingga masih terdapat siswa yang kesulitan dalam memahami isi bahan bacaan pada materi membaca karangan narasi sejarah, kurangnya minat siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Learning Cycle 5e Pada Materi Membaca Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negeri 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis learning cycle 5 e dengan materi membaca karangan narasi sejarah mendapatkan rata-rata validitas sebesar (83,66%) dengan kriteria valid. Adapun pada aspek komponen materi, mendapat presentase validitas (77%) dengan kategori cukup valid. Aspek komponen bahasa, mendapat presentase validitas (93%) dengan kategori sangat valid. Aspek desain, mendapatkan presentase validitas (81%) dengan kategori valid. Pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis learning cycle 5 e untuk kelas V SDN 03 Alai Padang yang telah dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan (90,62%) oleh guru, dan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan modul (90%) oleh peserta didik. Efektivitas modul Bahasa Indonesia berbasis learning cycle 5 e untuk kelas V SDN 03 Alai Padang yang telah dikembangkan dinyatakan efektif dengan hasil analisis efektifitas yang menunjukkan 78-Gain>76, yaitu N-Gain 78 lebih besar dari > 76 dengan kategori efektif. Kata kunci : pengembangan, modul, learning cycle 5e, bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:16
Last Modified: 10 Mar 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12252

Actions (login required)

View Item View Item