PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS V SDN 16 SURAU GADANG

Jose, Andrian and Ira Rahmayuni, Jusar (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS V SDN 16 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang pada tahun ajaran 2022/2023 dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas V.B yang berjumlah 20 siswa SDN 16 Surau Gadang pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 78,48), kelas kontrol (rata-rata 74,25). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;39) (2,21 > 2,022) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Together diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:33
Last Modified: 10 Mar 2023 04:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item