PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL _REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION_ DIKELAS V SDN 040/XI DESA KOTO LIMAU MANIS KOTA SUNGAI PENUH

Novela, Devi and Sari, Syafni gustina (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL _REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION_ DIKELAS V SDN 040/XI DESA KOTO LIMAU MANIS KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER PROPOSAL DEVI NOVELA RME-1-1.pdf

Download (32kB)
[img] Text
abstrak dan daftar isi (DEVI NOVELA).pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 1 - 5 Devi Novela)-1 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
Skrpsi devi novela.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS V SDN 040/XI DESA KOTO LIMAU MANIS KOTA SUNGAI PENUH Devi Novela1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : devinovela08@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajarankemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika dalam menyelesaikan soal – soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran geometri melalui penerapan model Realistic Mathematic Education. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini terdiri dari dua siklus danpada setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 040/XI Desa Koto Limau Manis yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki- laki dan 11 orang Perempuan. Hasil lembar aktivitas guru pada siklus I jumlah presentase 76,92% sedangkan siklus II terdapat hasil 96,15%.Selanjutnya dapat dilihat pada siklus Ihasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 65% dengan predikat C (cukup). Pada siklus II hasil tes kemampuan pemecahan masalah adalah 85% dengan predikat B (baik). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SDN 040/XI Koto Limau Manis terdapat meningkat dengan materi bangun ruang kubus dan menggunakan media yang bervariasi. kata kunci : Model Realistic Mathematic Education, kemampuan pemecahan masalah, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:51
Last Modified: 10 Mar 2023 04:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item