PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KALIMAT TANYA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS V SDN 15 SURAU GADANG

Maitilza, Syarpriyo and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KALIMAT TANYA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS V SDN 15 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(i) COVER-BAB I Tilza.pdf

Download (932kB)
[img] Text
(ii) BAB V-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (196kB)
[img] Text
(iii) FULL SKRIPSI TILZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca kalimat tanya siswa di kelas V SDN 15 Surau Gadang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan membaca kalimat tanya melalui model Numbered Head Together (NHT). Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Surau Gadang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru. Ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca kalimat tanya siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca kalimat tanya siswa. Pada siklus I sebesar 37,03% dengan rata-rata hasil belajar 68,5 hal ini disebabkan oleh peneliti belum maksimal dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus II hasil belajar meningkat sebesar 70,37% dengan rata-rata 80,37. Terjadinya peningkatan mencapai 33,34% hal ini disebabkan oleh peneliti telah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan membaca kalimat tanya siswa kelas V SDN 15 Surau Gadang. Kata Kunci: Keterampilan Membaca , model Numbered Head Together (NHT), Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:13
Last Modified: 10 Mar 2023 05:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item