Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang

Wulandari, Adhe and Alyusfitri, Rieke (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1. PENDAHULUAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KESIMPULAN SARAN SKRIPSI.pdf

Download (732kB)
[img] Text
3. FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang dengan kelas IVA sebagai kelas ekperimen kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar Matematika kelas IV SD Negeri 23 Ujung Gurun Kota Padang yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran konvesional. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 88,00 untuk kelas eksperimen dan 58,5 untuk kelas kontrol. Dengan uji-t α = 0,05 diperoleh thitung 5,38 dan ttabel 2,04 ini artinya thitung > ttabel. Untuk ini disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model Numbered Head Together dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together bisa digunakan guru untuk dijadikan alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:17
Last Modified: 10 Mar 2023 05:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item