PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG

Fitria, Fitria and Enjoni, Enjoni (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK DAFTAR ISI BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran make a match di kelas V SD Negeri 28 Korong Gadang Kota Padang. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model make a match terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 65% sedangkan pada siklus II 87,5%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60% dengan nilai rata-rata 72,6 meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan nilai rata-rata 86. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 12 siswa (60%). Sedangkan pada siklus II, menigkat menjadi 17 siswa (85%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model make a match telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 28 Korong Gadang Kota Padang. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Make A Match.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:31
Last Modified: 10 Mar 2023 05:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item