PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS I SD NEGERI 15 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT.

Sofia Ulfah, Sofia and Hidayati Azkiya, Hidayati (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS I SD NEGERI 15 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover-DAFTAR ISI SOFIA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
PENDAHULUAN PIA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
KESIMPULAN SOFIA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
SKRIPSI S1 SOFIA ULFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I dikarenakan siswa kurang mampu menyatukan huruf yang dieja jika berpola konsonan rangkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca menurut Tarigan (2008:11), teori membaca permulaan menurut Slamet (2013:77), dan teori menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) menurut Krissandi (2018:74). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah Mahrini, S.Pd (guru) dan Hamdi Harkando (teman sejawat) sebagai observer, peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas I sebanyak 19 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Hasil penelitian siklus I pada aktivitas guru sebanyak 88% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 94 % (sangat baik).Sedangkan aktivitas siwa pada siklus I sebanyak 86% meningkat pada siklus II sebanyak 95 %. Hasil kemampuan membaca siswa pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 70,64 (Cukup Baik) meningkat pada siklus II menjadi 86,35 (Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I pada pembelajaran bahasa indonesia di SD Negeri 15 Ranah Batahan Pasaman Barat. Kata kunci : kemampuan membaca, metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:29
Last Modified: 10 Mar 2023 06:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12372

Actions (login required)

View Item View Item