PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEREDARAN DARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

muhammad fata, roihan rambe and Enjoni, Enjoni (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEREDARAN DARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 MUHAMMAD FATA ROIHAN RAMBE 18-115.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 MUHAMMAD FATA ROIHAN RAMBE 18-115.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FILE 3 MUHAMMAD FATA ROIHAN RAMBE 18-115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEREDARAN DARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG Muhammad Fata Roihan Rambe1 , Enjoni1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: rambemfataroyhan@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning untuk peserta didik kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen). Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Thiagarajan dalam Sugiyono (2013), dengan model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3-D). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 3 orang dosen dan lembar praktikalitas untuk 1 orang pendidik dan 21 orang peserta didik kelas V di SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (3,5) baik dari aspek kelayakan materi (3,5), aspek bahasa (3,6), dan aspek desain (3,5). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase (92,6%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase (92,1%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning untuk peserta didik kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang dihasilkan valid dan praktis sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD (Sekolah Dasar). Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:41
Last Modified: 10 Mar 2023 06:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item