UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD N 07 GURUN LAWEH

Putri Rizalti, Hilda and Arlina, Yuza (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD N 07 GURUN LAWEH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (45kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (898kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
SKRIPSI HILDA PUTRI RIZALTI-1910013411218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELASIV SD N 07 GURUN LAWEH Hilda Putri Rizalti1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : hildharizalti3199@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih menduduki nilai terendah disbanding pelajaran lainnya. Selain itu, siswa juga masih kesulitan menelaah soal-soal cerita menggunakan nalarnya serta rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengerjakan soal-soal berbentuk cerita pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas IV B SD N 07 Gurun Laweh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 07 Gurun Laweh dengan jumlah siswa 12 orang, yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa yang didapat melalui lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menunjukkan hasil yang baik. Dilihat dari rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni 50% meningkat menjadi 75% . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri O7 Gurun Laweh Kec. Nanggalo Kota Padang. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar pelaksanaan pendekatan Realistic Mathematik Education (RME) dapat meningkatkan aspek-aspek belajar lainnya. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan RME.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:11
Last Modified: 10 Mar 2023 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item View Item