PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEBAK KATA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 40 BUKIT GADO – GADO KOTA PADANG

Rajimi, Rajimi and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEBAK KATA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 40 BUKIT GADO – GADO KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (767kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (172kB)
[img] Text
skripsi UPLOAD repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa di kelas II SD Negeri 40 Bukit Gado-Gado Kota Padang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dengan menggunakan model tebak kata di SD Negeri 40 Bukit Gado-Gado Kota Padang. Teori yang di jadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori membaca yang dikemukakan oleh Dalman (2013), sedangkan untuk model tebak kata digunakan pendapat Agus Suprijono (2009). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjeck dalam penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 40 Bukit Gado-Gado. Instrument penelitian adalah lembaran observasi aktivitas guru, lembaran observasi aktivitas siswa dan lembaran tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 75% meningkat menjadi 92,2% pada siklus II, selanjutnya lembar observasi guru pada siklus I 66,84% meningkat menjadi 94,4%. Hasil belajar siswa siklus I 84,54% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dengan menggunakan model tebak kata meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:32
Last Modified: 10 Mar 2023 08:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item