PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG

Anike Dwi, Putri Riesti and M, Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SDN 28 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (94kB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (91kB)
[img] Text
FULL TEKS KEKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, serta guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan afektif kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas V di SDN 28 Korong Gadang Padang dengan menggunakan model Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 50%, meningkat pada siklus II yaitu 90%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55% dengan nilai rata-rata 73, sedangkan pada siklus II adalah 85% dengan nilai rata-rata 82. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan dapat meningkatkan hasil afektif kemampuan kerja sama siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Make A Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:59
Last Modified: 13 Mar 2023 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item