ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA KELAS IV SD NEGERI 17 TALAMAU PASAMAN BARAT

Delfita, Resi and Susi, Herawati (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA KELAS IV SD NEGERI 17 TALAMAU PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER samapai BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB kesimpulan dan daftar pustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
fullteks Skripsi Resi Delfita 19-060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaarbelakangi oleh masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar. Kondisi ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan prosedur Newman. Dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Talamau yang berjumlah 3 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar yang ditemukan adalah (1) subjek dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan memahami masalah, keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir (2) subjek dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir (3) subjek dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan membaca soal, kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Adapun presentase jenis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman (1) kesalahan membaca 23%, kesalahan memahami 54%, kesalahan transformasi 59%, kesalahan keterampilan proses 75%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir 77 %. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) kurangnya kemampuan siswa dalam membaca soal (2) lupa menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanya dalam soal (3) kurang teliti dalam menuliskan rumus (4) tidak mampu menginputkan hal yang diketahui kedalam rumus matematika (5) lupa menuliskan kesimpulan Kata Kunci : Analisis Kesalahan Siswa, Bangun Datar, Prosedur Newman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:13
Last Modified: 13 Mar 2023 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

View Item View Item