PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN PRAKTEK SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN KERJA: KETERLIBATAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Satuan Kerja Sumatera Barat)

FARAH, TIARA and Sefnedi, Sefnedi and Dwi, Fitri Puspa (2023) PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN PRAKTEK SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN KERJA: KETERLIBATAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Satuan Kerja Sumatera Barat). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Pendahuluan.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Penutup-Daftar Pustak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
TESIS_2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan kerja karyawan telah menjadi pusat perhatian bagi para akademisi dan praktisi. Namun demikian, faktor penentu kepuasan kerja karyawan masih jauh dari konklusif. Studi ini menyelidiki dampak keterlibatan karyawan sebagai mediasi antara pemberdayaan psikologis, praktik SDM, dan kepuasan kerja. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai di Ditjen Perhubungan Laut Sumatera Barat yang berjumlah 115 pegawai. Semuanya dijadikan responden penelitian dimana pengolahan datanya menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement, selanjutnya employee engagement juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Praktik SDM tidak memengaruhi keterlibatan karyawan; pemberdayaan psikologis dan praktik SDM tidak mempengaruhi kepuasan kerja. Keterlibatan karyawan memediasi hubungan antara pemberdayaan psikologis dan kepuasan kerja tetapi tidak memediasi hubungan antara praktik SDM dan kepuasan kerja. Kata kunci: pemberdayaan psikologis, praktek sumber daya manusia, keterlibatan pegawai, kepuasan kerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:14
Last Modified: 13 Mar 2023 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item