PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 02 MARINGGING KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN

yeni, mahesa putri and Rio, Rinaldi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 02 MARINGGING KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER - PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V DAN DAPUS.pdf

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI NEW EDIT YENTI (ORI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 02 MARINGGING KECAMATAN TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN Yeni mahesa putri1 , Rio Rinaldi, S.Pd., M.Pd2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Bung Hatta E-mail : yenimahesaputri@gmail.com Abstrak Penelitian yang dibelakangi oleh hasil observasi dan wawancara penulis tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik. Metode yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran membaca permulaan kelas 1 SD Negeri 02 Maringging. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 02 Maringging digunakan metode global Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu prorses pembelajaran di kelasnya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas I sebanyak 26 peserta didik, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, penelitian inimenggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklusnya 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I kemampuan membaca peserta didik memperoleh nilai rata-rata 62 atau 8 peserta didik dengan kategor cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71 atau 16 peserta didik dengan kategori baik. Hal ini menunjukan dari siklus I sampai II rata-rata kemampua membaca peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Global

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:18
Last Modified: 13 Mar 2023 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item