Meylani Trinanda, Putri and Wirnita, Eska (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS V SDN 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i.pdf Download (1MB) |
|
Text
ii.pdf Download (167kB) |
|
Text
iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya penggunaan modul pembelajaran berbasis Saintifik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 16 Surau Gadang Padang pada kelas V. Tujuan penelitian ini menjelaskan proses pengembangan modul pembelajaran dan mendeskripsikan sejauh mana hasil pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Saintifik untuk siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan adalah hakikat pembelajaran bahasa Indonesia oleh Hidayah (2015), teori tentang modul menurut Daryanto (2013), dan teori tentang pendekatan Saintifik oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu define, design, develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh 3 validator dengan rata-rata validitas 90.38%. Uji praktikalitas modul oleh guru memperoleh rata-rata 91.07% dengan kategori sangat praktis. Uji praktikalitas oleh siswa skala terbatas dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata praktikalitas 92.29%, oleh siswa skala kecil dengan rata-rata 88.51% dengan kategori sangat praktis. Pada uji efektivitas diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test di kelas skala terbatas 51.6 dengan persentase ketuntasan 0% dan pre-test skala kecil memperoleh nilai rata-rata 44.44 dengan persentase ketuntasan 0%. Dari hasil post-test siswa skala terbatas diperoleh nilai rata-rata 85.33 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%, dan hasil post-test skala kecil diperoleh nilai rata-rata 80.42 dengan persentase ketuntasan 85.71%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Saintifik untuk kelas V SDN 16 Surau Gadang Padang dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: modul, pengembangan, saintifik, pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 06:06 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 06:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12537 |
Actions (login required)
View Item |